Tue07292014

Last update03:31:47 PM GMT

Forgot Password? Forgot Username? Register
Back Emas & Logam Mulia Tentang Emas

Tentang Emas

User Rating: / 30
PoorBest 

Tidak perlu di ragukan lagi untuk harga atau nilai dari emas, dari tahun ketahun harganya cenderung naik. Saya masih ingat betul, orang tua saya cerita bahwa harga emas sekitar tahun 1980 adalah sekitar Rp. 20.000 per gramnya. Dan tahukah anda bahwa sekarang(pada saat saya menuliskan artikel ini),  harga emas sudah mecapai  Rp. 403.000 per gramnya.  Jadi tidak ada salahnya jika anda mengalokasikan sebagian dana anda untuk berinvestasi di emas.

Ada tiga jenis investasi emas, yaitu :

1. Investasi emas dalam bentuk fisik

Jika anda ingin berinvestasi emas dalam bentuk fisik emasnya atau dalam bentuk emas batangan, sudah pasti anda bisa membeli emas batangan di Antam (Aneka Tambang) atau di took emas (biasanya di toko emas harganya lebih mahal dari Antam). Di  Indonesia Antamlah yang mengeluarkan emas batangan berikut sertifikatnya. Satuan atau potongan emas batangan biasanya di mulai dari 25 gr, 50gr, dan 100gr, 1.000gr. Dan karena Antam yang mengeluarkan emas batangan di Indonesia, maka sudah pasti harga Antamlah yang menjadi patokan harga emas batangan di Indonesia. Jika anda membeli emas batangan di Antam maka anda akan menperoleh harga pada waktu anda ingin melakukan transaksi. Misalnya pada saat ini, anda ingin membeli emas, maka anda akan beli di harga Rp. 403.000 per gr. Dan jika anda ingin menjual kembali emas anda di waktu dan jam yang sama,  maka anda akan mendapat harga di Rp 423.175per gr,(Selisih harga beli dan harga jual, di dunia trading biasa di sebut spread). Harga jual lebih tinggi dari harga beli di Antam kurang lebih sekitar 5%. Atau dalam bahasa trading, spread di Antam sebesar  5%), cukup besar bukan?  Kenapa bisa begitu besar selisihnya atau spreadnya? Jawabannya adalah karena Antam yang mengeluarkan emas, maka Antamlah yang menentukan harga beli dan jual, selain itu anda sudah pasti kena potongan ongkos bikin emas batangan tersebut.

Dalam berinvestasi emas fisik tentunya kita harus extra berhati-hati, terutama jika anda terbiasa menyimpan dalam bentuk fisik emas batangan atau dalam bentuk perhiasan. Karena emas sangat mudah di curi. Meskipun anda sudah menyimpan emas di lipatan-lipatan baju atau dimanapun masih tetap ada resiko hilang atau di curi. Bayangkan jika Anda memiliki emas 1kg yang ukuran sedikit lebih besar dari handphone, bernilai 300jt, sangat mudah diselipkan di dalam saku celana, dan perasaan was-was selalu ada, apalagi jika timbunan emas anda semakin banyak. Banyak orang berfikir bahwa menyimpan di deposit box merupakan tempat yang cukup aman, tetapi sekali lagi bahwa deposit box pun bukan tempat yang aman,,karena kita sering mendengar rumor yang kurang positif mengenai deposit box.

Jadi intinya jika anda melakukan investasi fisik emas, maka anda akan menemukan beberapa kendala, yaitu,  penyimpanan emas yang cukup beresiko tinggi, selisih harga beli dan jual yang hampir 5%, dan juga jarak yang cukup jauh jika anda ingin membeli atau menjual emas, yaitu di kantor Antam, Karena dalam proses jual beli emas tidak ada system delivery. Semua proses serah terima emas dilakukan di Antam.

2. Investasi emas dalam bentuk perhiasan

Hampir seluruh kaum hawa pasti  ingin memiliki perhiasan emas. Bahkan ada istilah yang beradar, gak level jika tidak menggunakan perhiasan emas. Investasi emas dalam bentuk perhiasan kurang dianjurkan, karena tingkat kemurnian emas tersebut sudah berkurang. Rata-rata kadar emas yang terdapat dalam perhiasan emas yang beredar hanya sekitar 70% sampai 75%. Dan sudah pasti dikenakan ongkos bikin pada saat saya menuliskan akrtike ini, rata-rata sekitar Rp. 40.000 atau  Rp. 45.000 per gramnya, (biasanya dinilai juga dari modelnya, biasanya jika modelnya baru dan unik maka akan  lebih mahal). Dan Jika anda ingin menjual kembali perhiasan emas tersebut, sudah pasti dipotong ongkos bikinnya. jadi investasi emas dalam bentuk perhiasan kurang dianjurkan.

3. Investasi emas dalam bentuk satuan trading atau Online trading Emas

Mungkin anda belum familiar dengan kata-kata tersebut. Tapi tahukah anda bahwa banyak pedagang emas melakukan transaksi emas secara besar-besaran di bursa?

Mereka melakukan jual dan beli emas secara online, tanpa repot-repot harus pergi ketempat pembelian emas batangan dan dengan was-was menyimpan emas tersebut. Mereka hanya cukup duduk manis di depan notebook mereka, dengan line internet, dan mungkin secangkir kopi yang menemani mereka dalam bertransaksi emas. Mudah bukan? Apakah anda tidak ingin mengetahui lebih lanjut, mengapa para pedagang besar itu begitu mudahnya melakukan transaksi emas. Sebenarnya andapun bisa melakukannya. Karena dijaman yang cukup canggih sekarang ini banyak fasilitas yang mendukung semua aktifitas kita. Jadi andapun dapat melakukan online trading emas.

Dalam melakukan online trading emas, anda tidak perlu pergi jauh-jauh untuk membeli atau menjual emas, karena semua transaksi cukup dilakukan pada satu layar atau yang biasa disebut platform online trading. Pada layar atau platform online trading tersebut, tertera harga beli dan harga jualnya secara running market atau harga yang berlaku pada waktu dan jam tersebut. Jadi ketika anda melihat harga tersebut, andapun dapat langsung membeli atau menjual emas tersebut dalam bentuk satuan trading atau yang biasa disebut lot. Anda tinggal menentukan sendiri berapa lot yang ingin anda jual atau anda beli, dan andapun dapat menentukan sendiri kapan anda ingin membeli atau mejual emas anda. Cukup mudah bukan. Jadi dalam melakukan online trading emas, anda tidak memegang fisik emas tersebut, tetapi anda memegang emas anda dalam bentuk satuan trading atau lot. Banyaknya emas yang anda miliki, ditentukan dari banyaknya jumlah lot yang anda miliki. Jadi jika anda ingin menimbun emas, maka perbanyaklah jumlah lot anda. Cukup mudah bukan?

Add comment

Fasilitas ini disediakan untuk komunikasi dengan bahasa yang sopan. Tidak diizinkan melakukan aktifitas iklan, promosi, penghinaan, pencemaran nama baik, hal berkaitan sara. Pelanggaran akan dikenai sanksi tegas.


Security code
Refresh

Videos

sekolah-saham Investasi Emas Naik Daun Part 1: MB Trading MetaTrader 4 vs. Generic Forex Broker MT4 The 4 Best Offline Business Ideas For 2011 GOLD IS THE BEST INVESTMENT FOR 2011